Social Media Listening Tools: Seperti Apa Prosesnya?

Dengan menggunakan social media listening tools, Anda akan bisa membangun pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana pelanggan maupun pelanggan potensial memandang brand Anda dengan menganalisis apa yang mereka katakan di channel-channel sosial. Proses ini sendiri disebut sebagai social listening, dan merupakan salah satu jenis riset pasar yang tersedia secara real time selama Anda tahu bagaimana cara mengaksesnya.

Social listening sendiri adalah proses melacak platform-platform media sosial untuk “menguping” mention dan percakapan yang terkait dengan brand Anda. Kemudian Anda menganalisis mention dan percakapan tersebut untuk mencari insight yang berisi peluang ataupun tindak lanjut lainnya.

Dalam social listening, secara garis besar terdapat dua proses sebagai berikut:

  1. Memonitor channel-channel media sosial untuk mencari mention mengenai brand, kompetitor, produk, maupun kata kunci mengenai bisnis Anda.

  2. Menganalisis informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan apa saja yang bisa Anda terapkan sebagai tindak lanjut. Misalnya cara merespon pelanggan yang puas atau bahkan mengubah keseluruhan brand positioning Anda.

Untuk mempermudah proses social listening, Anda bisa gunakan berbagai macam social media listening tools yang tersedia di pasaran. Salah satunya seperti yang disediakan oleh Matamaya, yang merangkum berbagai informasi dan data penting yang dapat Anda tarik sebagai kesimpulan untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan strategi brand Anda, termasuk branding dan marketing.

Posted by
Blog, Updated at: 17.43

Arsip Blog