Komponen yang Sering Diperbaiki saat Service AC Mobil

AC mobil merupakan bagian yang perlu diperhatikan karena jika mengalami masalah harus dilakukan perbaikan. Ada banyak penyebab terjadinya AC mobil tidak dingin karena adanya kerusakan pada berbagai komponennya. Berikut komponen yang sering diperbaiki saat dilakukan service AC.


1. Kondensor 
Kondensor salah satu bagian AC yang perlu diperbaiki jika AC tidak dingin. Di mana fungsinya sebagai penukar kalor dan mengubah refrigerant dari gas menjadi cair. Selain itu juga bekerja untuk menurunkan suhu temperatur refrigerant. Saat dilakukannya service bagian sirip dari kondensor ini akan dibersihkan tanpa meninggalkan sisa kotoran.

2. Saringan Udara  
Komponen berikutnya yang perlu diperbaiki saat AC mobil terasa tidak dingin adalah saringan udara yang memang sering mengalami kerusakan. Di mana fungsinya sebagai penyaring debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam AC mobil. Jadi saat service akan diperiksa apakah bagian saringan udara ini mengalami penyumbatan atau tidak.

3. Blower Dan Kipas 
Sirkulasi AC yang tidak lancar juga membuat AC mobil menjadi tidak dingin. Perlu dilakukan perbaikan atau pun pembersihan untuk menjamin tidak ada debu yang menutupi komponen ini agar bisa bekerja maksimal. Tanpa harus menunggu adanya masalah komponen ini memang harus rutin dibersihkan agar bisa berputar dan mendorong udara ke seluruh bagian mobil.

4. Evaporator   
Komponen AC yang juga harus dilakukan perbaikan saat AC tidak dingin adalah evaporator. Proses pendinginan akan lebih cepat dari Freon jika bagian pipa evaporator tidak mengalami masalah. Harus dibersihkan oleh tenaga yang ahli agar tidak merusak bagian sirip-sirip aluminium yang cukup rentan. Jadi harus sangat berhati-hati membersihkannya.

5. Freon 
Freon juga merupakan bagian komponen yang perlu diperbaiki saat AC mobil terasa tidak dingin. Kerusakan pada Freon biasanya karena mengalami kebocoran jadi Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika tidak maka dingin dari AC tidak akan bisa terasa. Kerusakan freon ini bisa diketahui oleh tenaga yang ahli di bidangnya.

6. Magnetic Clutch
Komponen AC berikutnya yang sering mengalami kerusakan adalah magnetic clutch. Pada komponen ini terdapat sensor dengan temperatur yang otomatis, jika rusak maka tidak bisa membuat AC mobil terasa dingin.

7. Switch Blower
Saat grill kabin pada AC mobil tidak mengeluarkan angin, maka komponen switch blower perlu diganti. Biasanya akan dimulai dengan pemeriksaan sekring, kabel, socket kabel, dan konektor kelistrikan. Anda akan diberitahu oleh teknisi bengkel jika bagian ini mengalami kerusakan.


Inilah komponen yang akan dilakukan perbaikan saat AC mobil terasa tidak dingin. Service AC mobil bisa Anda lakukan di supercar.id yang pelayanannya dapat dipercaya. Rincian perbaikan pada AC mobil akan diberitahukan dengan detail sehingga Anda bisa melihat biayanya secara jelas. Bisa mengunjungi website-nya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Posted by
Blog, Updated at: 15.37

Popular Post

Arsip Blog